Cara Memilih HDD

HDD (Hard Disk Drive) adalah salah satu bagian terpenting dari komputer. Ini bukan hanya perangkat penyimpanan data; Ini berisi sistem operasi, tanpa satu komputer tidak akan berjalan. Di bawah ini saya akan mencoba menyebutkan semua fitur terpenting yang harus Anda ketahui untuk memilih HDD yang tepat untuk komputer Anda, apakah Anda sedang membangun baru atau mengupgrade PC Anda.

Ada dua jenis HDD yang digunakan di komputer pribadi: ATA dan SATA. Agar tidak menghindari frustrasi, kita perlu mencari tahu, jenis HDD apa yang Anda butuhkan. ATA adalah versi lama dan membutuhkan slot IDE dan kabel data ATA. Kabel ATA biasanya datang dalam tiga warna: abu-abu, kuning dan hitam. Kabel ATA lebar dan datar. Kabel SATA kecil dan tipis, biasanya berwarna kuning atau merah. Saat ini semua motherboard baru hanya memiliki satu slot ATA, yang berarti ATA akan menjadi sejarah dan malah ada lebih dari empat slot SATA, ketika yang lama hanya memiliki dua atau empat.

Perbedaan mencolok lainnya antara kedua tipe ini adalah kecepatannya. SATA menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Meskipun kedua tipe memiliki 5400 rpm dan 7200 rpm (putaran per menit), secara kasar, SATA 7200rpm lebih cepat daripada ATA 7200rpm.

Setelah Anda memilih HDD Anda, kami judi online terpercaya harus menghubungkannya ke motherboard dengan benar. HDD memiliki jumper yang menentukan posisinya sebagai Master atau Slave. Bahkan jika Anda belum pernah mendengar tentang Master HDD dan Slave HDD, Anda dapat menebak apa artinya. Master adalah satu-satunya, yang digunakan untuk menampung dan mem-boot sistem. Jumper hardisk Master harus di set menjadi Master dan jika ada tambahan HDD maka HDD tambahan harus di set sebagai Slave. Posisi jumper ditunjukkan dengan jelas pada label HDD apa pun. Posisi jumper sangat penting! Jika ada kesalahan, komputer tidak akan “melihat” HDD.

Saat menghubungkan HDD ke motherboard, Anda harus memperhatikan angka di samping slot. Hard drive master harus terhubung ke slot pertama dan DVD Slave harus terhubung ke slot ke-2. Omong-omong, drive DVD juga memiliki jenis pengaturan jumper yang sama. Selalu, DVD atau CD drive adalah budak.

Hati-hati dengan kabel ATA, jika disambungkan dengan cara yang salah, yang secara fisik memungkinkan, tidak akan berfungsi. Kabel memiliki garis merah di satu sisi, yang menunjukkan “polaritas”. Garis merah harus berada di samping pin nomor 1.